Sepatu Roda

Sepatu Roda – Kita semua tahu dengan jenis sepatu yang satu ini, apalagi pada saat ini sepatu roda sedang sangat di gemari dan di perbincangan di masyarakat, pasalnya, sebagian anak-anak saat ini lebih memilih sepatu roda sebagai pilihan bermain dan berolahraga, memang benar selain menyehatkan bermain sepatu roda juga dapat menyehatkan tubuh karena secara tidak langsung disaat kita bermain sepatu roda kita juga sebenarnnya sedang berolahraga dan juga bermain sepatu roda kita juga sedang melatih keseimbangan tubuh kita saat harus berdiri di permukaan yang tidak rata. Sejak awal terciptannya, fungsi sepatu roda ini lebih kepada tujuan hiburan ataupun rekreasi. Namun, seiring berjalannya waktu, sepatu roda kini menjadi semakin berkembang dan jenis-jenis sepatu roda kini juga semakin banyak karena sifat penggerakannya yang cepat dan lincah sepatu roda kini juga di gunakan tidak hanya untuk bermain ataupun rekresi namun sudah untuk berolahraga, berkompertisi , freestyle dan bahkan sebagai alat transportasi. Dan pada saat ini sepatu roda juga di bagi dengan beberapa pilihan atau disebut sebagai kategori seperti. Sepatu roda anak, sepatu roda anak frozen, sepatu roda dewasa ataupun sepatu roda cougar dewasa.

Sejarah Sepatu Roda Menurut beberapa catatan, sepatu ini pertama kali diciptakan di Belanda pada abad ke 17 oleh seorang pencinta ice skating yang ingin selalu dapat menikmati olah raga itu di manapun dan kapan pun walau bukan pada musim dingin dan tidak di atas es. Ia juga ingin merasakan sensasi olah raga itu di atas jalan yang keras sehingga akhirnya ia memasang beberapa roda di sepatunya.

Joseph Merlin

Selanjutnya di tahun 1763, seseorang dari Belgia bernama Joseph Merlin juga berusaha membuat sebuah sepatu beroda dengan memasang beberapa roda besi di bawahnya agar ia bisa berlari dengan lebih cepat. Tapi, usahanya dalam membuat sepatu ini tidak langsung menjadi tren karena kemudian pemerintah setempat mengeluarkan sebuah larangan sepatu ini untuk melintas di jalan raya. Meskipun banyak orang yang menganggap bahwa seseorang yang meluncur dengan sepatu beroda adalah sebuah gangguan di jalanan, pecinta olah raga ini justru semakin bertambah dan bertambah dari waktu ke waktu.

Kemudian tahun 1828­-1911 di Amerika Serikat, seseorang bernama James Leonard Plimtons mulai mengembangkan sepatu yang sangat populer ini. Pada 1863, ia mematenkan sepatu ini dan saat itu juga ia dijuluki sebagai seorang bapak sepatu roda. Sejak saat itu, Saking banyaknya pecinta dan pengemar sepatu ini, ada banyak kelompok yang mendirikan klub pecinta sepatu ini. Salah satunya adalah organisasi yang diberi nama The National Skating Association (NSA) di Inggris. Organisasi ini didirikan tahun 1876.

Baru setelah usai perang dunia pertama tahun 1924, didirikan sebuah federasi pesepatu roda bernama Federation Internationale de Roller Skating atau disingkat FIRS. Federasi ini dibentuk di Montreux, Swiss untuk mengatur berbagai acara yang berhubungan dengan sepatu ini. Sejak tahun 1930an, olah raga ini mulai menjadi salah satu olah raga yang dikompetisikan secara internasional.

Federation Internationale de Roller Skating

Sejarah Sepatu Roda di Indonesia
Di Indonesia sendiri, sepatu ini dikenal sejak zaman penjajahan Belanda. Pada saat itu, ada banyak anak-­anak Belanda yang suka bermain sepatu ini dan kemudian permainan ini juga dijajal oleh kalangan elit Indonesia.
Setelah tahun 60an sepatu roda ini menjadi tren tersendiri di kalangan anak muda di Indonesia pada saat itu terutama di Jakarta. Ujung Pandang dan Surabaya.
Sejak saat itu perkumpulan sepatu ini pun mulai bermunculan, seperti di dalam IMADA atau Ikatan Mahasiswa Djakarta. Tanggal 7 Oktober 1979, dibentuklah pengurus daerah untuk Perserosi (Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia) di DKI Jakarta yang mulai mengadakan acara-­acara khusus bagi para pesepatu roda.

Perserosi mengadakan Munas pertamanya di tahun 1981 yang mengagendakan pembentukan pengurus periode 1981 sampai 1985. Kepengurusan tersebut kemudian dikukuhkan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono selaku ketua KONI Pusat pada saat itu. Perserosipun menjadi wadah dan pengurus semua event yang berhubungan dengan olahraga ini di Indonesia

Jenis­-Jenis Sepatu Roda

Sejalan dengan popularitasnya yang semakin berkembang, jenis sepatu ini pun juga semakin berkembang. Perkembangan sepatu ini dimulai dari sepasang sepatu yang diberi beberapa roda yang cukup besar, roda besi, dan juga desain dan cara pemasangan roda-roda tersebut di bawah sepatu.
1. Roller Skating
2. Sepatu Roda untuk Inline Skating
3. Flashing Roller
4. Chariot Wheels / Wheelskates

Namun pada saat ini sepatu roda dengan jenis Roller Skating dan Inline Skating lah yang paling banyak di cari dan di gunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun semua kembali kepada diri anda pribadi jika anda ingin mencoba hal baru seperti menggunakan sepatu roda dengan jenis Flashing ROller dan Chariot Wheels / Wheelskates, bisa menjadi pilihan. Tetap saja semua kembali kepada diri anda sendiri, yang terpenting teruslah belajar, mau dengan jenis Roller Skating ataupun Flashing ROller ataupun yang lainnya sama saja, Dan jadilah atlet-atlet profesional yang akan mengharumkan Negara ini di mata dunia dengan olahrga ini.


Baca Juga : Harga Sepatu Roda Power Super Terbaru

Demikian artikel tentang sepatu roda kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda tentang sepatu roda, demikian Terimakasih.

Sepatu Roda | Riki Ramdani | 4.5